DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA BERBASIS HOTS PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK SISWA KELAS VII SMP
PENGARANG:MUHAMMAD FAJRIANNOR HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-12


Kurikulum baru hadir untuk mengembangkan sekaligus memperbaiki kurikulum yang sebelumnya. Kurikulum yang digunakan saat ini adalah kurikulum merdeka. Kurikulum pada pembelajaran saat ini penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu upaya untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah melalui tes formatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan tes formatif berbasis HOTS pada materi penyajian data yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan model penelitian yang diadaptasi dari Tessmer. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap self evaluation, tahap expert review, tahap small group, dan tahap field test. Penelitian ini hanya sampai pada tahap small group. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari validasi ahli materi dan responden siswa dalam menjawab tes formatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini menghasilkan 8 butir soal HOTS berbentuk pilihan ganda dimana dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memenuhi kriteria valid dan reliabel dengan rata-rata validitas 3,67 dikategorikan sangat valid dan juga memenuhi kriteria koefisien reliabilitas sebesar 0,581 dikategorikan sebagai reliabilitas sedang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI