DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekonomi Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Batu Engau Masa Pandemik Di Desa Kerang Kabupaten Paser (Studi Anak Petani Sawit Di Desa Kerang)
PENGARANG:ARPIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-12


Arpiansyah. 2021. Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekonomi Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Batu Engau Masa Pandemik Di Desa Kerang Kabupaten Paser (Studi Anak Petani Sawit Di Desa Kerang)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

 

Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa Ekonomi Mata Pelajaran Akuntansi, Masa Pandemik

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuihubungan pengaruh dukungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa ekonomi Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Batu Engau Masa Pandemik di Desa Kerang Kabupaten Paser (Studi Anak Petani Sawit Di Desa Kerang)”

Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasipenelitian 124 orang dengan  sampel  95 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dua macam yaitu kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi berganda melibatkan dua variaberl bebas dan satu variabel terikat (Y).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t dukungan keluarga (X1) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa  (Y) dengan T hitung 3.739 dan Signifikansi sebear 0,007. Berarti memang benar T hitung > T tabel dan signifikansi 0.001< 0,05. Hasil motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar siswa  (Y) dengan T hitung 3.739 dan Signifikansi sebesar 0,001 < 0,005. hasil uji  F sebesar  0,000 < sig = 0,05 atau F hitung sebesar 16.120 lebih besar dari F tabel  3,12 yang berarti pengaruh variabel dukungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Batu Engau pada Masa Pandemik di Desa Kerang Kabupaten Paser (Studi Anak Petani Sawit di Desa Kerang) adalah signifikan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI