DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROSES PERENCANAAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA GUNTUNG KECAMATAN TELUK KEPAYANG KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:SITI RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-13


ABSTRAK

Siti Rahmah. NIM 1920422320028. 2023. Proses Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Di Desa Guntung Kecamatan Teluk Kepayang Kabupaten Tanah Bumbu. Pembimbing (I) Ibu Andi Tenri Sompa (II) Bapak Muhammad Riduansyah Syafari.

 

Pembangunan desa meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Dalam tesis ini secara spesifik meneliti proses dari tahapan dalam perencanaan pembangunan Desa khususnya Infrastruktur Desa Guntung Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Proses Perencanaan Pembangunan Infrastruktur.dan menganalisa faktor-faktor penghambat dan mendukung Proses Perencanaan Pembangunan Infrastruktur di Desa Guntung Kecamatan Teluk Kepayang Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Metode penelitian dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi.

 

Hasil penelitian ini bahwa proses perencanaan pembangunan insfrastruktur di Desa Guntung melalui proses pendekatan politis, partisipatif, top down dan bottom up planning. Tiga tahapan penting pada proses perencanaan pembangunan infrastruktur di Desa Guntung yaitu RPJM Desa, RKP Desa dan DU RKP Desa dan Musrenbang Desa yang dalam penyususnan maupun pelaksnaan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesi Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, di Kabupaten Tanah Bumbu secara khusus diatur lagi melalui Peraturan Bupati Tanah Bumbu Nomor 64 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyususnan RPJM Desa dan RKP Desa.

 

Beberapa Faktor penghambat dalam proses perencanaan pembangunan Infrastruktur di Desa Guntung adalah Kesadaran Masyarakat, kemampuan Perangkat Desa dalam penguasaan dan pengetahuan perencanaan pembangunan, sikap mental masyarakat, faktor tradisi masyarkat, akses antar wilayah dalam Desa Guntung dan struktur birokrasi dalam mengeluarkan dan penerapan kebijakan, selain itu terdapat juga faktor pendukung dalam proses perencanaan pembangunan infrastruktur di Desa Guntung yaitu ; partisifasi masyarakat, sumber daya manusia, sumber daya alam dan kewenangan Desa dan Struktur birokrasi dalam merencanakan dan melaksanaan pembangunan infrastruktur di desa.

 

Kata Kunci: Proses, Perencanaan, Pembangunan, Infrastruktur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI