DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS EKONOMI MASYARAKAT DI KAWASAN MAWARUNG BAIMBAI KELURAHAN SUNGAI JINGAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:UCOK HARISMAN BERUTU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-15


Ucok Harisman Berutu, 2022. Aktivitas ekonomi Masyarakat di Kawasan Mawarung Baimbai Kelurahan Sungai Jingah Sebagai Sumber Belajar IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syahruddin, MA dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

Aktivitas ekonomi tidak pernah terlepas dari kehidupan masyarakat, karena masyarakat selalu melaksanakan aktivitas dalam kehidupan sehari-harinya, tetapi penggunaan aktivitas dalam kehidupan masyarakat masih sangat jarang dalam pembelajaran baik itu berupa foto ataupun video, aktivitas ekonomi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yang bersifat kontekstual. Tujuan penelitian: 1). Mendeskripsikan aktivitas ekonomi masyarakat di Kawasan Mawarung Baimbai Kelurahan Sungai Jingah. 2). Mendeskripsikan integrasi aktivitas sosial ekonomi masyarakat di Kawasan Kawasan Mawarung Baimbai Kelurahan Sungai Jingah sebagai sumber belajar IPS.

Tujuan penelitian : 1). Mendiskripsikan gambaran Kawasan Mawarung Baimbai Kelurahan Sungai Jingah. 2). Aktivitas Ekonomi Masyarakat Kawasan Mawarung Baimbai Kelurahan Sungai Jingah Kota Banjarmasin. 3). Aktivitas Ekonomi Masyarakat Kawasan Mawarung Baimbai Kelurahan Sungai Jingah Sebagai Sumber Belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan kecermatan dan triangulasi (sumber, teknik, waktu).

Hasil penelitian: 1). Mendeskripsikan gambaran umum di wilayah kawasan Mawarung Baimbai di Kelurahan Sungai Jingah 2). Aktivitas ekonomi masyarakat di Kawasan Mawarung Baimbai Kelurahan Sungai Jingah masih memanfaatkan kawasan Mawarung Baimbai yang terletak di bawah Jembatan Banua Anyar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, satu diantaranya yaitu dalam melakukan transaksi jual beli yang melibatkan antara penjual dan pembeli di Kawasan Mawarung Baimbai. Sedangkan aktivitas ekonomi lainnya seperti terciptanya silaturahmi serta komunikasi antar pedagang satu dengan lainnya, pedagang dan pembeli, serta antar pembeli di kawasan Mawarung Baimbai. 2). Aktivitas ekonomi masyarakat di kawasan Mawarung Baimbai Kelurahan Sungai Jingah dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS kelas VII pada materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup (kegiatan ekonomi) dengan tujuan agar peserta didik dapat menggali informasi lebih dalam dan potensi yang ada di lingkungannya. Kata kunci: Aktivitas Ekonomi, Masyarakat Sungai Jingah, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI