DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT BIM STRUCTURE BEGINNERS TO ADVANCED DI PT. MANDUTAMA MULTISARANA TEKNIK
PENGARANG:KIKEN BERINDA E. FIDIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-16


Studi Independen Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Salah satu program yang ditawarkan yaitu dalam bidang konstruksi. Building Information Modeling (BIM) adalah salah satu perkembangan paling menguntungkan dalam dunia arsitektur, teknik, dan konstruksi (AEC). Saat ini BIM mulai menjadi salah satu tolak ukur dalam penerimaan karyawan bidang konstruksi di Indonesia. Melalui program Studi Independen, PT. Mandutama Multisarana Teknik (MMT) menjadi salah satu mitra yang membantu mewujudkan misi tersebut untuk meningkatkan kualitas SDM dalam bidang konstruksi.

MMT dengan program yang dinamai BIM Structure Beginners to Advanced (Batch 4) memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar di luar perkuliahan dan secara langsung berkonsultasi dengan mentor terkait materi secara synchronous maupun asynchronous. Sesi asinkron memanfaatkan Learning Management System (LMS) pada website Stufast dan akan ada sesi sinkron di setiap hari sabtu melalui Zoom Meeting. Mahasiswa akan mendapatkan study case melalui BIM Implementation Project dengan output: Conceptual Design, Structural Analysis, Schematic Design, Detailed Engineering Drawing, dan Detailed Cost Estimate. Adapun software dan platform yang digunakan dalam proses perencanaan yaitu AutoCAD, Revit, Sanspro dan Estimator.id.

Permodelan 3D yang didesain oleh arsitektural engineer, struktural engineer dan MEP engineer memberikan pengalaman virtual bangunan sebelum memasuki tahap pembangunan konstruksi. Adanya teknologi BIM memudahkan dalam proses perencanaan yang dilakukan oleh multidisiplin ilmu berbeda. Meskipun dilakukan kerjasama tim secara jarak jauh, seluruh anggota tim tetap dapat berkomunikasi dan melakukan permodelan BIM dimana saja dan kapan saja. BIM memudahkan pihak yang terlibat dalam proyek untuk mengakses informasi yang terintegrasi di dalamnya.

 

Kata Kunci: Building Information Modeling (BIM), Studi Independen Bersertifikat, PT. Mandutama Multisarana Teknik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI