DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANGKA BENTUK DAN PERSAMAAN TABEL VOLUME LOKAL DARI BEBERAPA JENIS MERANTI DI HUTAN ALAM SEKUNDER PT BORNEO INDOBARA KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:EKA PRAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-17


ABSTRAK

 

Eka Prawati. 2023.“Angka Bentuk dan Persamaan Tabel Volume Lokal dari Beberapa Jenis Meranti di Hutan Alam Sekunder PT Borneo Indobara Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis, Program Studi Magister Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing: Prof. Dr. Drs. H. Suyanto, M.P. dan Dr. Yusanto Nugroho, S.Hut., M.P.

 

 

 

Keywords: Angka Bentuk, Volume Lokal, Hutan Alam Sekunder, Meranti

 

 

Kegiatan dalam inventarisasi hutan, salah satunya adalah pengukuran potensi volume tegakan. Penggunaan angka bentuk rata-rata sebesar 0,7 dianggap kurang tepat karena penggunaan satu angka bentuk tersebut merupakan rata-rata untuk semua jenis dan semua lokasi sehingga menghasilkan dugaan volume yang tidak akurat. Untuk mengurangi terjadinya bias dalam pengukuran, selain menggunakan angka bentuk batang juga diperlukan metode berupa tabel volume lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis besarnya angka bentuk pohon dari beberapa jenis meranti: meranti batu (Parashorea aptera), meranti merah (Shorea leprosula), dan meranti putih (Shorea agamii)) di hutan lahan kering sekunder PT Borneo Indobara Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Pengumpulan data dilakukan secara survey menggunakan plot pengamatan berukuran 40 m × 40 m sebanyak 5 plot dengan sampel minimal 30 sampel dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling  berdasarkan kriteria. Hasil yang diperoleh yaitu angka bentuk pohon pada beberapa jenis meranti di areal PT Borneo Indobara adalah sebesar 0,86.  Angka bentuk 0,86 lebih besar dari pada angka bentuk rata-rata yaitu 0,7 dimana model persamaan yang digunakan untuk tabel volume lokal jenis meranti merah menggunakan persamaan V=0,0109+0,048D+0,020525D2, meranti putih menggunakan persamaan V=0,024271+0,2465D+0,022D2, dan meranti batu menggunakan persamaan V=0,00372+0,08088D+0,022D2.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI