DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Right Issue Pada Emiten Sub Sektor Bank Di Bursa Efek Indonesia
PENGARANG:NOOR HAFIA REZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-17


 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji reaksi pasar terhadap pengumuman right issue dari emiten perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2021. Abnormal Return dan Trading Volume Activity digunakan untuk mengetahui reaksi pasar terhadap pengumuman right issue.

 Sampel penelitian sebanyak 17 perusahaan jasa keuangan sub sektor bank yang melakukan right issue. Periode jendela dalam penelitian ini dilaksanakan selama 11 hari, yaitu 5 hari sebelum pengumuman right issue, 1 hari saat pengumuman, dan 5 hari setelah pengumuman right issue. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari halaman Bursa Efek Indonesia dan yahoo finance. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan one sample t test untuk mengetahui reaksi pasar di seputaran pengumuman right issue dan uji komparatif untuk mengetahui perbedaan abnormal return dan Trading Volume Activity sebelum dan sesudah pengumuman right issue.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat abnormal return yang signifikan disekitar peristiwa pengumuman rights issue Emiten subsektor Bank di BEI tahun 2021. Tidak terdapat perbedaan abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah pengumuman rights issue. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan likuiditas saham yang signifikan sebelum dan sesudah pengumuman rights issue yang ditunjukkan dengan aktivitas volume perdagangan yang berbeda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI