DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL CLASS (GATHER.TOWN) PADA MATERI ENTRY JOURNAL PERUSAHAAN DAGANG | |
PENGARANG | : | ABDUL IRVAN ARISTA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-10-18 |
Pembelajaran saat ini sudah banyak berubah dalam berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, pendidikan dan teknologinya. Perkembangan tersebut tentu membuat terdapatnya pembelajaran secara daring dan luring. Namun pembelajaran daring dan luring memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Seperti pembelaajran secara luring yang memiliki kelebihan efektif dan mudah dipahami oleh peserta didik, namun memiliki keterbatasan ruang dan waktu. Sedangkan pembelajaran daring memiliki kelebihan fleksibel dan mudah di akses namun mengurangi interaksi saat pembelajaran. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat meminimalisir dari kekurangan dari pembelajaran daring. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mengetahui kelayakan/kevalidan media pembelajaran berbasis virtual class (gather.town) pada materi memproses entry journal perusahaan dangang, 2) Mengidentifikasi kepraktisan media pembelajaran berbasis virtual class (gather.town) pada materi memproses entry journal perusahaan dagang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE terdiri lima tahapan yaitu: analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian 1) Media pembelajaran berbasis virtual class (gather.town) pada materi entry journal perusahaan dagang memperoleh rata-rata secara keseluruhan 4,13 dengan kriteria valid atau layak setelah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, 2) Media pembelajaran berbasis virtual class (gather.town) pada materi entry journal perusahaan dagang memperoleh rata-rata secara keseluruhan 86,51% dengan kriteria sangat praktis.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI