DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN AKTIVITAS SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:DELLY PUSPITA WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


HUBUNGAN AKTIVITAS SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BANJARMASIN TENGAH (Oleh: Delly Puspita Wahyuni; Pembimbing: Elli Kusumawati, Yuni Suryaningsih, 2019; 57 halaman)

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di luar jam pelajaran guna menumbuhkembangkan potensi dan bakat yang dimiliki siswa. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah diharapkan siswa dapat memiliki keterampilan yang lebih. Namun banyaknya kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa juga dapat berdampak pada hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran matematika, yang mana mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang membutuhkan frekuensi belajar yang cukup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Aktivitas siswa SMPN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dalam kegiatan ekstrakurikuler. (2) Hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. (3) Hubungan antara aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek yang digunakan dalam  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa berdasarkan aktivitasnya dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah SMPN 1 Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa  dalam kegiatan ekstrakurikuler terbagi menjadi empat kelompok, yaitu sekitar 35,42% siswa tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, 42% siswa mengikuti satu kegiatan ekstrakurikuler dengan rata-rata keaktifan dalam kegiatanm ekstrakurikuler 77,24%, siswa yang mengikuti dua kegiatan ekstrakurikuler sebanyak 19,44% siswa dengan rata-rata keaktifan adalah 78,56%, dan 3,14% siswa mengikuti lebih dari dua kegiatan ekstrakurikuler dengan rata-rata keaktifan 86,52%. (2) Hasil belajar kelompok siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Semakin banyak kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti maka semakin menurun rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Banjarmasin termasuk dalam kriteria cukup dengan koefisien kemiringan kekanan, dan (3) Terdapat hubungan antara aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar matematika siswa VIII SMPN 1 Banjarmasin Dengan korelasi yang lemah.

Kata kunci: Aktivitas siswa, kegiatan ekstrakurikuler, hasil belajar matematika

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI