DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Ekonomi Penjual Besi Bantaran Sungai Di Kelurahan Kuin Selatan
PENGARANG:FEBRIAN PUTRA ANUGRAH RADJIKAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


ABSTRAK

Febrian Putra Anugrah Radjikan. 2023. Aktivitas Ekonomi Penjual Besi Pada Masyarakat Bantaran Sungai Di Kelurahan Kuin Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing II: M. Rezky Noor Handy, M. Pd.

Para penjual besi di bantaran sungai merupakan sebuah kesatuan manusia atau kelompok manusia yang bermukim disepanjang tepian sungai. Kehidupan mereka didominasi pada budaya sungai. Kehidupan masyarakat Bantaran Sungai di Kelurahan Kuin Selatan Banjarmasin memberikan nuansa yang berbeda dan sangat menarik. Bentuk aktivitas ekonomi di daerah tersebut yang secara tidak langsung tidak bergantung pada sungai sebagai sumber kehidupannya, tetapi menyajikan bentuk aktivitas ekonomi yang utuh, baik dari kegitan produksi dan distribusi dan konsumsi.

Tujuan penelitian ini adalah: (1.) Untuk mendeskripsikan apa saja jenis-jenis barang yang dibuat para penjual besi di Kelurahan Kuin Selatan, (2.) Untuk mendeskripsikan aktivitas produksi, distribusi dan konsumsi yang dilakukan para penjual besi di Kelurahan Kuin Selatan.

Metode Kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian untuk mendeskripsikan mengenai aktivitas ekonomi penjual besi pada masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Kuin Selatan. Adapaun subyek dalam penelitian ini adalah penjual dan pengrajin besi. Instrumen penelitian ini terdiri dari pedoman observasi dan wawancara yang dibuat oleh peneliti sendiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, sumber dan teknik pengambilan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi penjual besi pada masyarakat bantaran sungai di Kelurahan Kuin Selatan yang menarik adalah peenjual besi. Aktivitas ekonominya meliputi kegiatan produksi pengrajin besi berupa alat seperti berupa baut, linggis, bor, sikubaktruk, engsel, tromol dan katup. Kegiatan distribusi terlihat pada perolehan bahan baku dan penyaluran hasil produksi ke tangan konsumen. Bentuk pendistribusian barang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Perolehan bahan paku secara tidak langsung melalui makelar sedangkan penyaluran barang hasil produksi lewat agen.

Simpulan yang didapatkan pada para penjual besi ini adalah kita dapat mengenal pengolahan barang besi yang bisa dibuat menjadi beberapa macam alat untuk memecah emas seperti tromol dan katup misalnya, disertai juga aktivasi produksi, distribusi dan konsumsi.

Kata Kunci: Aktivitas Ekonomi, Penjual Besi Bekas 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI