DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kecamatan Teweh Tengah Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kabupaten Barito Utara Dan Desa Lemo II)
PENGARANG:WINDASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


ABSTRAK

 

Winda Sari 1710413320046 Peran Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Teweh Tengah Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi di Kabupaten Barito Utara dan Desa Lemo II) dibimbing oleh Bapak Arif Rahman Hakim.

Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana peran dinas sosial pemberdayaan masyarakat dan desa Kabupaten Barito Utara dalam pengelolaan dana desa di Desa Lemo II dan untuk faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dinas sosial pemberdayaan masyarakat dan  desa kabupaten Barito Utara dalam pengelolaan dana desa di Desa Lemo II. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian diperoleh bahwa peranan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara ialah dengan memberikan fasilitas, baik perencanaan, pelatihan pembinaan agar desa di Barito Utara khususnya di Desa Lemo II lebih terencana, dalam pelaksanaan Pengelolaan dana desa tersebut. Desa Lemo II merupakan desa yang sudah mandiri yang diakui oleh pemerintah daerah karena sudah melakukan tugas pengelolaan pembangunan, pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di desa dengan baik. Dinas sosial pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten barito utara sudah melakukan tugasnya dan memberikan arahan dan bimbingan kepada pemerintah desa mulai arahan pengelolaan dana desa, perencanaan, pelaksanaan, dan sampai pelaporan yang dilakukan melalui aplikasi Sistem Keuangan Desa yang (SIMDA Desa) yang dikembangkan oleh BPK bersama Dirjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri.

Faktor yang mempengaruhi dan pendukungnya hanya saja di Desa Lemo II masih minim sosialisasi untuk masyarakat untuk masalah keuangan desa maka dari itu terjadi kecemburuan sosial di kalangan masyarakat, dan faktor pendukung di desa lemo II SDM sudah digunakan dengan baik oleh pemerintah desa untuk memberdayakan masyarakat desa.

Penulis menyarankan dalam kesimpulan diatas dalam melakukan peran berikutnya pemerintah desa lemo II khususnya bisa memberikan sosialisasi agar masyarakat tidak merasakan kecemburuan sosial dan transparan dalam pengelolaan dana desa agar masyarakat lebih memahami tentang pengelolaan dana desa dipakai untuk apa dan kemana saja dana desa tersebut selain melakukan pembangunan desa.

 

Kata Kunci : Peran, Pengelolaan Dana Desa, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI