DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REAKSI PASAR MODAL INDONESIA ATAS TERJADINYA PERANG RUSIA-UKRAINA (Studi Peristiwa Pada Saham Sektor Energi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
PENGARANG:SALMA NOVA SANTYA MARDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


Salma Nova Santya Mardi (2023), Reaksi Pasar Modal Atas Terjadinya Perang Rusia-Ukraina (Studi Peristiwa Pada Saham Sektor Energi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Pembimbing : Sufi Jikrillah, S.T., M.M., CRA., CRMP.

            Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisa perbedaan average abnormal return; (2) menganalisa perbedaan average trading volume activity; (3) menganalisa perbedaan average security return variability sebagai alat ukur reaksi pasar modal Indonesia atas terjadinya perang Rusia-Ukraina.

            Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan dalam sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2022 berjumlah 78 perusahaan. Sampel penelitian dipilih melalui seleksi menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 36 perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu. Jendela peristiwa adalah 20 hari (10 hari sebelum peristiwa dan 10 hari setelah peristiwa).  Penelitian ini menggunakan teknik analisis data wilcoxon signed rank test dengan alat bantu SPSS versi 26.

            Hasil pengujian yang diperoleh dalam penelitian ini ialah tidak terdapat perbedaan pada average abnormal return (AAR) dan average security return variability (ASRV) sebelum dan sesudah peristiwa invasi Rusia terhadap Ukraina. Akan tetapi, terdapat perbedaan pada average trading volume activity (ATVA), mencerminkan bahwa para investor menangkap sinyal atas peristiwa dan memberikan reaksi di pasar modal.

 

Kata Kunci: Reaksi Pasar, Average Abnormal Return, Average Trading Volume  Activity, Average Security Return Variability, Perang Rusia-Ukraina.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI