DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN TRADISI UPACARA ADAT ARUH DI DESA KIYU KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:AZIS MUSLIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


ABSTRAK

Azis Muslim. 2023. Peran Masyarakat Dalam Pelestarian Tradisi Upacara Adat Aruh di Desa Kiyu Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing

            Kata Kunci : Peran Masyarakat, Pelestarian Budaya, Tradisi Aruh

                        Masalah pokok dalam penelitian ini adalah upacara adat aruh di Desa kiyu hingga sekarang ini tetap dilaksanakan dan dilestarikan oleh masyarakat. Hal tersebut membuktikan peran dari masyarakat itu sendiri sangat penting dalam menjaga dan merawat kebudayaan daerah mereka sendiri. Akan tetapi masih ada beberapa masyarakat kurang memiliki kesadaran akan pentingnya untuk melestarikan budaya tersebut. Padahal dalam pelestarian budaya bukan hanya pihak-pihak tertentu untuk melestarikannya, tetapi diperlukan seluruh elemen masyarakat yang juga memiliki peran penting untuk melestarikan budaya mereka sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan kesadaran masyarakat dalam pelestarian budaya, bentuk perencanaan secara kolektif dan bagaimana partisipasi masyarakat dalam pelekasanaan kegiatan upacara adat aruh.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

                        Hasil penelitian yang didapat pada upaya pelestarian tradisi upacara adat aruh yaitu : (1) peningkatan kesadaran masyarakat sangat perlu untuk dilakukan sebagai bentuk upaya pelestarian budaya mereka sendiri. Dengan tingginya kesadaran masyarakat terhadap budaya mereka sendiri, budaya tersebut akan tetap terjaga dan dilestarikan. (2) Perencanaan dalam pelestarian budaya sangat penting dilakukan. Semua komponen masyarakat juga harus ikut serta mendukung dalam perencanaan pelestarain budaya sebagai bentuk revitalisasi budaya (penguatan budaya). Dengan adanya revitalisasi ini juga dapat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam  melestarikank budaya mereka sendiri. (3) Faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Di antara faktornya yaitu sosial ekonomi, kepercayaan yang dianut dan perkawinan.

                        Disarankan kepada seluruh masyarakat agar tetap memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pelestarian budayaterutama untuk budaya yang mereka miliki dan tetap mengupayakan agar budaya tersebut tetap dijaga dan dilestarikan sampai kapanpun. Dalam melestarikan budaya tentunya diperlukan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melestarikan budaya yang ada.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI