DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA
PENGARANG:SITI FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-21


Stres akademik adalah kondisi yang membuat siswa merasa tertekan karena tuntutan akademik yang sulit diatasi. Agar dapat mereduksi stres akademik siswa secara lebih efektif, layanan bimbingan dan konseling memerlukan berbagai teknik yang beragam. Salah satunya yaitu pemberian konseling kelompok dengan teknik expressive writing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gambut. Studi ini merupakan penelitian berorientasi kuantitatif yang menerapkan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gambut, dan sampel penelitian ini diperoleh melalui hasil angket dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 6 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala ESSA (Educational Stress Scale for Adolescents). Analisis data menggunakan analisis parametrik, yaitu Uji t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik expressive writing dapat mereduksi stres akademik siswa kelas X SMA Negeri 1 Gambut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI