DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP RETURN ON EQUITY DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)
PENGARANG:RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-21


ABSTRAKSI

Rahayu (2023). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Return On Equity dengan Corporate Social Responsibility Disclosure Sebagai Variabel Pemoderasi (studi pada perusahaan sektor Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Indonesia tahun 2018-2020). Pembimbing: Dr. Hj. Rahma Yuliani, SE, M. Si, Ak, CA

Return On Equitymerupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur kierja keuangan perusahaan yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya oleh kinerja lingkungan perusahaan. Hubungan keduanya juga dapat dimoderasi oleh pengungkapan CSR. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja lingkungan yang diukur dengan peringkat PROPER terhadap Return On Equity (ROE) dengan pengungkapan CSR sebagai variabel pemoderasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode analisis regresi untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang terlibat. Populasi pada penelitian ini, yaitu sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode 2018-2020 sebanyak 47 perusahaan.

Metode pengambilan sampel menggunakan nonprobabilitysampling dengan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan sampel yang sesuai kriteria sebanyak 18 perusahaan dengan tahun pengamatan selama 3 tahun yang menghasilkan 54 data. Namun, setelah mengidentifikasi adanya data outlier, beberapa data dihapus sehingga jumlah data yang digunakan adalah 39 data. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan dan hasil penilaian PROPER yang dipublikasikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Analisis data dilakukan menggunakan Metode Analisis Regresi Moderasi (Moderated Regression Analysis - MRA) dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistik versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE). Pengungkapan CSR memoderasi hubungan kinerja lingkungan dengan Return On Equity (ROE). VariabelCorporate Social Responsibility Disclosuremerupakan moderasi semu.

Kata Kunci: Kinerja Lingkungan, Return On Equity (ROE), Corporate Social Responsibility (CSR), PROPER

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI