DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS IX
PENGARANG:YUHANA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-23


PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS IX (Oleh: Yuhana Rahmi; Pembimbing: Karim, Asdini Sari; 2023; 55 halaman)

ABSTRAK

Abstrak : Materi bangun ruang sisi lengkung adalah salah satu materi dalam matematika yang dapat dikaitkan dengan konteks etnomatematika yang ada di kehidupan sehari-hari siswa. Selain dapat memperkenalkan budaya yang ada, materi bangun ruang sisi lengkung yang dikaitkan dengan etnomatematika juga diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Di masa sekarang ini, media video dapat membantu peserta didik yang sedikit lambat dalam memahami materi menjadi lebih mudah untuk menerima dan memahami inovasi yang disampaikan, karena video mampu mengkombinasikan antara visual dengan audio. Dengan adanya video pembelajaran akan memudahkan peserta didik dalam memahami materi dan dapat memutar kembali materi yang disampaikan dalam video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil video pembelajaran berbasis etnomatematika materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa SMP/MTs kelas IX yang valid. Media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4D yang telah disederhanakan menjadi 3 tahap, yaitu tahap define, design, dan develop. Pada tahap develop (pengembangan) hanya dilakukan sampai tahap uji validitas. Kriteria kevalidan bersumber dari penilaian yang diberikan oleh dua orang validator materi dan media. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 dengan kriteria valid. Kemudian, hasil validasi oleh ahli media menunjukkan nilai rata-rata dari keseluruhan aspek sebesar 3,5 dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil analisis ini maka video pembelajaran berbasis etnomatematika materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa SMP/MTs kelas IX yang dikembangkan ini masuk dalam kategori valid.

Kata kunci : Media pembelajaran, Video Pembelajaran, Etnomatematika, Bangun ruang sisi lengkung

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI