DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS DETERMINAN TINGKAT UNDERPRICING SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA KETIKA MASA PANDEMI)
PENGARANG:MUHAMMAD MUTAHAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-23


Muhammad Mutahar, (2023). Analisis Determinan Tingkat Underpricing Saham (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek IndonesiaKetika Masa Pandemi). Pembimbing : Pusvita Indria Mei Susilowati, SE, MSA, Ak, CA.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Profitabilitas, Financial Leverage, dan Earning per Share terhadap tingkat Underpricing saham. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Profitabilitas, Financial Leverage, dan Earning per Share. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat Underpricing saham.

Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek IndonesiaKetika Masa Pandemi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 93 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Profitabilitasyang diukur menggunakan Return On Asset dan variabel Earning per Share berpengaruh terhadap tingkat Underpricing saham. Sedangkan variabel Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, dan Financial Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat Underpricing perusahaan.

 

Kata Kunci: Tingkat Underpricing, Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Profitabilitas, Financial Leverage, Earning per Share.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI