DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK SISWA SMA
PENGARANG:NIMATUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-23


PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK SISWA SMA (Oleh: Ni’matul Husna; pembimbing: Iskandar Zulkarnain, Rizki Amalia; 2023; 57 halaman)

 

ABSTRAK

Kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran matematika, menyebabkan materi yang disampaikan seringkali sulit dipahami siswa. Salah satu solusi alternatif untuk pemecahan masalah minat siswa yaitu dengan mengembangkan bahan ajar elektronik menggunakan media sosial Instagram. Media sosial Instagram dipilih sebagai media untuk pengembangan bahan ajar elektronik karena Instagram sangat populer di kalangan siswa SMA sehingga dapat meningkatkan minat belajar mereka. Dengan mengembangkan bahan ajar elektronik menggunakan media sosial Instagram diharapkan dapat meningkat motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan bahan ajar elektronik materi perbandingan trigonometri menggunakan media sosial Instagram untuk siswa SMA yang valid. Model pengembangan bahan ajar elektronik ini menggunakan model 4D yang disederhanakan menjadi 3 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata masing-masing sebesar 3 dimana nilai tersebut menunjukkan bahwa video bahan ajar ini termasuk ke dalam kategori valid. Dengan demikian, bahan ajar elektronik materi perbandingan trigonometri menggunakan media sosial Instagram untuk siswa SMA termasuk ke dalam kategori valid.

Kata kunci: bahan ajar elektronik, perbandingan trigonometri, Instagram

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI