DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Pembuatan E-KTP Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin
PENGARANG:KEVIN SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-23


ABSTRAK

 

Kevin Setiawan, 1910413210047, Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Pembuatan E-KTP Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Di bimbing oleh Jamaluddin.

   Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang terdiri dari 2 Informan ahli atau pegawai dan 5 informan masyarakat yang melakukan administrasi pelayanan E-KTP.

Hasil penelitian ini menggunakan 5 indikator untuk mengetahui kualitas pelayanan publik terhadap pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Indikator tersebut antara lain, yaitu Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). Dari kelima indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik terhadap pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin sudah cukup baik, namun juga masih terdapat banyak kekurangan yang harus dibenahi oleh Disdukcapil Kota Banjarmasin sebagai penyelenggara pelayanan publik.

Saran yang dapat diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin yaitu perlu menambah atau memperbanyak sarana dan prasarana seperti kursi tunggu sekitar 25 Buah, memperluas ruang tunggu agar tidak terasa sempit, juga memperluas lahan tempat parkir agar kendaraan atau mobil yang datang tersusun dengan rapi.

 

Kata Kunci: Pelayanan, E-KTP

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI