DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong Dalam Pengembangan Objek Wisata Danau Tanjung Puri Indah Pasca Covid-19
PENGARANG:BIRHANADIN AZURA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-23


Birhanadin Azura. 1910413210016.  Strategi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong Dalam Pengembangan Objek Wisata Danau Tanjung Puri Indah Pasca Covid-19. Dibimbing oleh Arif Rahman Hakim

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong Dalam Pengembangan Objek Wisata Danau Tanjung Puri Indah Pasca Covid-19 dan umtuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan objek wisata Danau Tanjung Puri Indah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong, Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong, pengelola Objek wisata Danau Tanjung Puri Indah, dan Pengunjung objek wisata Danau Tanjung Puri Indah. Teknik pengumpulan data  yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengh) dan peluang (Opportunity), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weakness) dan ancaman (Threat).

            Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong dalam pengembangan objek wisata Danau Tanjung Puri Indah pasca Covid-19  yang paling utama adalah dari segi daya tarik wisata yaitu melakukan pembenahan dari segala aspek untuk meningkatkan daya tarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Danau Tanjung Puri Indah serta dengan berjalannya pembenahan tersebut, Disporapar Tabalong juga akan memberikan promosi terkait objek wisata Danau Tanjung Puri Indah ini dan mengadakan kegiatan yang menarik pengunjung untuk datang berkunjung. Pembenahan tersebut didasarkan dengan pedoman Sapta Pesona Pariwisata yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan. Juga strategi dari segi masyarakat/lingkungan dengan mengajak masyarakat bersama sama ikut serta dalam pengembangan Danau Tanjung Puri Indah yaitu masyarakat warga desa ikut serta menjadi bagian dari Pokdarwis Puri Indah, mengadakan pelatihan-pelatihan tentang pengembangan objek wisata serta pemberdayaan kepada masyarakat desa, serta mengajak masyarakat melalui karang taruna untuk ikut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan Pokdarwis dan Bidang Pariwisata Disporapar Tabalong.

 

Kata Kunci: Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Analisis SWOT, Strategi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI