DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TRANSMIGRASI TNI ANGKATAN LAUT DESA ABUMBUN JAYA KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR TAHUN 1993-2015
PENGARANG:NURFITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


Pemukiman transmigrasi di Desa Abumbun Jaya untuk pertama kalinya berdiri tahun 1993. Para transmigran mayoritas berasal dari Pulau Jawa. Mereka datang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang transmigrasi TNI Angkatan Laut Desa Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, dan mengetahui interaksi sosial serta sumber pekonomian transmigrasi TNI Angkatan Laut Desa Abumbun Jaya Kabupaten Banjar tahun 1993-2015.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah melalui empat tahap yaitu heuristik (pengumpulan data) yang diperoleh melalui wawancara dengan para transmigran, kepala desa transmigran, kepala pemukiman transmigrasi TNI Angkatan Laut (Kakimal), tokoh masyarakat, dokumen-dokumen, maupun foto-foto terkait, tahap kedua kritik sumber internal dan eksternal (mengetahui keabsahan serta keaslian data), selanjutnya interpretasi (penafsiran fakta-fakta). Terakhir historiografiatau penulisan sejarah.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1)latar belakang transmigrasi TNI Angkatan Laut adalah karena faktor ekonomi yang rendah dan untuk pemerataan penduduk. (2) interaksisosial transmigrasi TNI Angkatan Laut seperti kegiatan gotong royong, kerja bakti, siskamling, acara kumpul-kumpul RT atau RK (rukun kematian), kegiatan keagamaan seperti arisan yasinan, tahlilan, maulid habsy, majelis taqlim dan lain-lain. (3) Perkembangan sumber pekonomian transmigrasi yang menyangkut mata pencaharian para transmigran didominasi pada pertanian, perikanan, dan perkebunan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa transmigrasi yang dilakukan transmigran TNI Angkatan Laut di Desa Abumbun Jaya telah berhasil mengangkat perekonomian para transmigran karena banyak dari anak-anak mereka yang sukses dan dapat bersekolah hingga keperguruan tinggi.


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI