DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONDISI PEREKONOMIAN ANGGOTA BPK (BARISAN PEMADAM KEBAKARAN) PANGLIMA BATUR KELURAHAN SURGI MUFTI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN TAHUN 1984-2021
PENGARANG:Rizki Akhmad Saputra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


Rizki Akhmad Saputra,2021. Kondisi Perekonomian Anggota BPK (Barisan Pemadam Kebakaran) Panglima Batur Kelurahan Surgi Mufti KecamatanBanjarmasin Utara Kota Banjarmasin Tahun 1984-2021. Pembimbing: (1) Wisnu Subroto. S.S., M.A.; (2) Heri Susanto, S.Pd., M.Pd.

 

Barisan Pemadam Kebakaran Panglima Batur (BPK PABA) adalah salah satu BPK swasta yang sudah lama di Kota Banjarmasin. BPK yangdidirikan pada tahun 1984 ini masih bertahan hingga sekarang atau sekitar 37 tahun usianya. BPK Panglima Batur di kota Banjarmasin merupakan bagian dari ratusan BPK swasta serta ribuan anggota relawan dengan latar belakang berbeda, termasuk kondisi perekonomian. Latar belakang yang berbeda inilah menjadikan keberagaman dan warna bagi anggotanya termasuk anggota BPK Panglima Batur. Tujuan penelitian ini menjelaskan profil serta kondisi perekonomian anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Panglima Baturtahun 1984 - 2021. Kemudian mendeskripsikan perkembangan perekonomiannyamulai dari masuk menjadi anggota relawan sampai sekarang.

Metode penelitian menggunakan metode sejarah. Dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber lisan, sumber sumber tertulis maupun sumber benda peninggalan masa lampau dengan tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa beragamlatar ekonomi anggota BPK Panglima Batur. Anggota yang sudah terhitung sudah 3 angkatan ini mulanya didikan berdasarkan banyaknya kasus kebakaran di Banjarmasin, begitu juga di kawasan kelurahan Surgi Mufti. Para warga sekitar mendirikan BPK Panglima Batur secara swadaya dengan kondisi dan latar ekonomi yang berbeda tidak membuat mereka mengurungkan niat di tahun 1984. Seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi, kondisi ekonomi tersebut perlahan mulai berubah. Yang awalnya kebanyakan menggunakan jalur sungai sebagai tempat mata pencaharian atau pekerjaan utama selain menjadi relawan, kini menjadi lebih banyak ragamnya. Mulai dari pekerja tetap, tenaga kontrak, wiraswasta, pekerja harian bahkan pengangguran. Dari kondisi mereka itulah diukur tingkat perekonomiannya yang didapatkan dari hasil penelitian dengan anggota BPK Panglima Batur adalah “menengah ke atas”.

Kesimpulan penelitian, dari banyaknya latar perekonomian anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Panglima Batur Kelurahan Surgi Mufti Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin tidak membuat tugas mereka terganggu dan selama panggilan jiwa terus melekat mereka akan terus bekerja membantu dan melayani masyarakat Kota Banjarmasin.

 

Kata kunci : profil, perekonomian, BPK, anggota, surgi mufti.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI