DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Biaya Eksplorasi & Evaluasi dan Harga Batubara Acuan terhadap Kinerja Perusahaan Pertambangan Batubara di Indonesia
PENGARANG:YAN HERYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilisis pengaruh Biaya Eksplorasi dan Evaluasi (X1), Capital Expenditure (X2), Harga Batubara Acuan (X3) dan Biaya Lingkungan (X4) sebagai variabel independent terhadap Kinerja Keuangan yang direpresentasikan oleh ROA (Y1) dan ROE (Y2) sebagai variabel dependen pada Perusahaan Pertambangan Batubara di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Metode penelitian ini menggunakan dokumentasi data sekunder yang diambil dari laporan keuangan, laporan tahunan dan laporan perusahaan lainnya yang terkait dengan penelitian yang di release di situs idx.co.id atau di website resmi perusahaan. Pemilahan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling terhadap 80 perusahaan yang terdaftar sebagai perusahaan sektor energi sehingga didapatkan 9 perusahaan pertambangan batubara sebagai sampel. Untuk mengetahui korelasi antara variabel X1, X2, X3 dan X4 terhadap variabel Y1 dan Y2 dilakukan dengan teknik statistik analisis korelasi, regresi linear berganda dan untuk menguji tingkat signifikansi menggunakan uji F, uji signifikansi dan uji t menggunakan SPSS.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terjadi korelasi negatif yang signifikan antara variabel X1 terhadap variabel Y1 dan variabel X1 terhadap variabel Y2, tidak terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X2 terhadap variabel Y1 dan variabel X2 terhadap variabel Y2, terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X3 terhadap variabel Y1 dan variabel X3 terhadap variabel Y2, tidak terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X4 terhadap variabel Y1 dan variabel X4 terhadap variabel Y2. Secara simultan variabel X1, X2, X3 dan X4 memiliki pengaruh terhadap variabel Y1 sebesar 50,8 persen sedangkan X1, X2, X3 dan X4 memiliki pengaruh terhadap variabel Y2 sebesar 47,4 persen.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI