DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Deiksis dalam Novel "Laskar Pelangi" Karya Andrea Hirata
PENGARANG:HAFIZAHTUNNISA AMSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


ABSTRAK

 

Amsyah, Hafizahtunnisa. 2023. Deiksis dalam Novel “Laskar Pelangi” Karya Andrea Hirata. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa danSeni. FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. Jumadi, M.Pd., (II) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

 

 

 

Kata kunci: deiksis persona, deiksis ruang, deiksis waktu, novel.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk deiksis persona, deiksis ruang dan deiksis waktu yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, data penelitian ini ialah kata-kata atau kalimat dialog novel tersebut.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga macam deiksis, yaitu deiksis persona, deiksis ruang dan deiksis waktu. Secara keseluruhan bentuk deiksis persona berjumlah 381 yang terdiri dari bentuk deiksis pertama tunggal, yaitu aku, -ku, ku-, dan saya;bentuk deiksis persona pertama jamak, yaitu bentuk kita dan kami;bentuk deiksis persona kedua tunggal, yaitu -mu, kau, engkau dan anda; bentuk deiksis persona kedua jamak, yaitu kalian; bentuk deiksis persona ketiga tunggal, yaitu ia, dia, -nya, dan beliau; bentuk deiksis persona ketiga jamak, yaitu mereka. Deiksis ruang yang ditemukan berjumlah 146 yang terdiri dari bentuk deiksis ruang lokatif, yaitu ke sana, di sana, di sini, di situ, dan sana; bentuk deiksis ruang demonstratif, yaitu itu dan ini. Deiksis waktu yang ditemukan berjumlah 12 yang terdiri dari bentuk deiksis waktu lampau, yaitu tadi; bentuk deiksis waktu kini, yaitu sekarang, dan bentuk deiksis waktu mendatang, yaitu nanti dan besok.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan penelitian ini dijadikan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang bentuk deiksis persona, deiksis ruang, deiksis waktu, dan deiksis sosial.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI