DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), PENGANGGURAN TERBUKA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DIPROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2012-2021
PENGARANG:YESIKA NATALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


Yesika Natalia (2023) Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pengangguran Terbuka dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2012-2021. Pembimbing: Dra. Ika Chandriyanti,MP.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pengangguran terbuka, dan pertumbuhan Ekonomi secara simultan, parsial dan variabel yang paling dominan terhadap tingkat kemiskanan di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2012-2021. Jenis yang dilakukan  deskriptif  kuantitatif data sekunder bersifat time series. Sumber dari dokumentasi, Badan Pusat Statistik dan instansi terkait. Analisisnya menggunakan analisis liner berganda dengan program SPSS-21.

          Hasil penelitian ini menujukan bahwa secara simultan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pengangguran Terbuka, Pertumbuhan Ekonomi, berpengaruh terhadap Tingkat Kemiskinan, secara parsial Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh negatif dan tidak signifikan, Pengangguran Terbuka berpengaruh positif dan signifikan dan Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan. Faktor yang paling dominan mempengaruhi yaitu, Pengangguran Terbuka.

Kata Kunci: Indeks Pembangunan Manusia; Pengangguran Terbuka; Pertumbuhan Ekonomi; Tingkat Kemiskinan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI