DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kajian Identifikasi Kebutuhan Program Penanggulangan Anak Jalanan di Kota Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD REZANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-24


ABSTRAK

 

Muhammad Rezani, 1710413310029, 2023, Kajian Identifikasi Kebutuhan Program Penanggulangan Anak Jalanan di Kota Banjarmasin, Sandra Bhakti Mafriana.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat secara teoritis yaitu menjadi sumber pengetahuan di instansi pemerintahan yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, yang spesifikasinya berfokus pada bidang pemerintahan.Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif.Pada penelitian ini, informan penelitian ditentukan dengan teknik Triangulasi dimana teknik ini merupakan gabungan dari tiga teknik yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwakajian identifikasi kebutuhan program penanggulangan Anak Jalanan di Kota Banjarmasin sudah terlaksana secara optimal hal ini dilihat indikator yaitu 1), Bimbingan Sosial dan Bimbingan Mental oleh pihak Dinas Sosial Kota Banjarmasin yaitu melalui wadah/tempat yang berada di rumah singgah yang dimana nantinya disana bertujuan untuk melatih anak jalanan menjadi mandiri secara berpikir dan mentalsecara mental akan diberikan ketika adanya penampungan anak jalanan selama 2-3 hari, terlebih dahulu dilakukan penyuluhan untuk di data yang kemudian akan dilakukan oleh Kementrian Agama yang mana bimbingan berupa moral dan agama, Dinas Kesehatan juga akan memberikan tentang akan kesehatan dan Dinas Sosial Bidang PMKS akan merehabilitasi ke pada anak jalanan disesuaikan panti-panti yang telah dipilih. 2). Pendampingan, melakukan merazia anjal setiap harinya kemudian diarahkan ke panti asuhan, diberikan penghidupanyanglayak, seperti diberikan santunan dan dibawa kembali ke orangtuanya, dilakukan pada program yaitu memiliki manfaatyang di dapatanjal. 3). Memberikan Pelatihan Keterampilan Anak-anak jalanan dapat menggunakan dan memanfaatkan program pelatihan keterampilan yang diberikan rumah singgah, melalui pelatihan keterampilan anak jalanan mampu menyalurkan kreatifitas mereka dan mampu untuk beradaptasi dan berperilaku positif dalam kehidupan sehari-hari dengan teman, pengasuh dan orang di sekeliling mereka secara efektif. 4). Pendidikan Advokasi membentuk karakter, skill dan sikap mereka tidak mudah, maka kita mempunyai program-program tidak hanya belajar tetapi juga bermain dan kadang juga outbond. Berusaha semaksimal mungkin dan mengharapkan agar anak-anak jalanan mampu mengembangkan potensi mereka dan suatu saat nanti tidak lagi turun ke jalan.

 

Kata Kunci : Kajian Program, Anak Jalanan, Kota Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI