DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE (PSIKOLOGI SASTRA)
PENGARANG:Muhammad Fiqri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


Fiqri, Muhammad. 2023. Karakter tokoh utama dalam novel Ayahku (bukan) Pembohong karya Tere Liye (Psikologi sastra). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Lita Luthfiyanti, M. Pd; (II) Faradina, M. Pd

 

Kata kunci : karakter, tokoh utama, novel.

 

Skripsi ini bertujuan untuk meneliti karakter tokoh utama dalam novel Ayahku (bukan) pembohong karya Tere Liye. Dalam penelitian ini diteliti tentang karakter positif dan karakter negatif dalam diri tokoh utama yang bernama Dam. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah teks-teks yang mengandung karakter tokoh utama dalam novel Ayahku (bukan) Pembohong karya Tere Liye dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Ayahku (bukan) Pembohong karya Tere Liye yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama berjumlah 304 halaman. Instrumen yang digunakan adalah tabel, untuk teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dokumentatif. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara membaca secara keseluruhan buku kumpulan cerpen. Setelah itu dilanjutkan dengan pencatatan bagian-bagian penting yang ada di dalamnya.

 

Hasil penelitian menunjukkan beberapa karakter yang dimiliki tokoh utama (Dam) dalam novel ayahku (bukan) pembohong. Dari penelitian ini karakter Dam dibagi menjadi dua yaitu karakter positif dan negatif. Untuk karakter positif, Dam memiliki 10 karakter yaitu religius, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, peduli sosial, optimis, sabar, tidak menyerah, dan bijaksana. Sedangkan untuk karakter negatif yang dimiliki Dam yaitu perfeksionis, provokator, pendendam, dan keras kepala. Dari peneliti ini dapat disimpulkan bahwa karakter tokoh utama (Dam) memiliki dinamika karakter dalam menghadapi masalah yang ada di dalam cerita novel. Selaras dengan kesimpulan itu penulis mengharapkan penelitian ini dapat digunakan untuk meneliti tentang karakter tokoh utama dalam karya sastra dan menjadi referensi untuk penelitian yang berjudul sama.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI