DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOKIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGARANG:NUR AULYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


Rendahnya literasi sains dan motivasi belajar menuntut perlunya pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik, dengan adanya pengintegrasian etnokimia ke dalam e-modul dapat menjadi alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis problem based learning terintegrasi etnokimia yang valid, praktis dan efektif sebagai bahan ajar dalam meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan valid dengan persentase 93,53%. E-modul yang dikembangkan praktis dilihat dari hasil 5 komponen kepraktisan dengan hasil rata-rata akhir sebesar 90,52%. E-modul yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik dilihat berdasarkan skor N-gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi dan meningkatkan motivasi belajar dengan skor N-gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, e-modul berbasis Problem Based Learning terintegrasi etnokimia yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI