DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kasongan Lama Kabupaten Katingan
PENGARANG:ANDRI AHYAR ELJIHADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


ABSTRAK

 

Andri Ahyar Eljihadi, 1710413610012 “Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Pada Masa Pandemi Covid-19 diKelurahan Kasongan Lama Kabupaten Katingan

 

            Pandemi Covid-19 telah menjadi masalah di banyak negara, termasuk indonesia. Berbagai masalah terjadi di seluruh dunia dampak pandemi ini, paling terlihat yakni turunnya tingkat perekonomian berbagai negara di penjuru dunia, yang mengakibatkan banyak masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, Pemerintah Indonesia membuat berbagai Program Bantuan Sosial dalam membantu masyarakat untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan selama masa pandemi, salah satunya yaitu Program Bantuan Sosial Tunai melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia.

            Peneliti ini memakai pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data memakai teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan memakai teknik purposive sampling yang berjumlah 7 orang. Teori yang dipakai yaitu teori krisis ekonomi, teori welfare state serta teori efektivitas.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa pembagian Bantuan Sosial Tunai di Kelurahan Kasongan Lama, Kabupaten Katingan belum efektif, ada yang tidak tepat sasaran. Namun tetap menggunakan indikator efektivitas, yaitu tercapainya tujuan (waktu dan sasaran), terlaksananya proses integrasi, dan adanya adaptasi di masyarakat. Walau hanya dapat memenuhi kebutuhan pokok selama satu bulan, pemberian Bantuan Sosial ini tidak membuat masyarakat pasif dan mengandalkan uang bantuan saja, karena masyarakat juga bekerja dalam memenuhi kebutuhan mereka yang lainnya.

 

Kata kunci : Pandemi Covid-19, Bantuan Sosial Tunai, Efektivitas Program

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI