DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2018-2020
PENGARANG:DANIEL GEORGE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


Daniel George (2023), Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2020. Pembimbing: Dr. Hj. Rahma Yuliani, SE, M.Si, Ak, CA

Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisis pengaruh kinerja keuangan, yang diukur dengan Return on Asset, Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap harga saham, (2) pengaruh kinerja keuangan terhadap kebijakan dividen, (3) pengaruh kebijakan dividen terhadap harga saham, dan (4) pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham dengan melalui kebijakan dividen sebagai variabel intervening.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga diperoleh 45 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, path analysis dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on Asset, Total Asset Turnover dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan Current Ratio dan Debt to Equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil penelitian menyatakan bahwa Total Asset Turnover berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan Return on Asset, Current Ratio dan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Current Ratio dan Total Asset Turnover berpengaruh terhadap harga saham melalui kebijakan dividen sebagai variabel intervening. Sedangkan Return on Asset dan Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap harga saham tanpa melalui kebijakan dividen sebagai variabel intervening.

Kata Kunci: Return on Asset, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, Harga Saham dan Kebijakan Dividen.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI