DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN HUTAN MANGROVE DI PULAU CURIAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:M. KHAIRUL RIZAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-25


M. Khairul Rizal. 2023. Pemanfaatan Hutan Mangrove di Pulau Curiak sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1: Dr.Syaharuddin, MA dan Pembimbing 2: Muhammad Rezky Noor Handy. M.Pd.

            Mangrove merupakan ekosistem khas pesisir pantai dan daerah rawa yang dipengaruhi oleh pasang surut. Hutan  di sekitar Pulau Curiak memegang peranan penting. Salah satu manfaat hutan mangrove adalah sebagai habitat flora dan fauna yang ada di dalamnya. Hutan mangrove Pulau Curiak merupakan rumah bagi satwa liar seperti keberadaan Bekantan yang hidup di hutan mangrove.

            Tujuan adanya penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan apa manfaat hutan mangrove di Pulau Curiak, dengan mengetahui manfaat yang diberikan oleh pohon mangrove masyarakat diharapkan dapat menjaga kelestarian hutan mangrove di Pulau Curiak dengan tidak merusaknya. (2) Untuk mengetahui Integrasi pemanfaatan hutan mangrove di Pulau Curiak sebagai sumber belajar IPSPenelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengaplikasian metode penelitian ini bertujuan untuk mempermudah peneliti dalam mengkaji berbagai aktivitas masyarakat yang ingin dikaji. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi ke lokasi penelitian tepatnya di Pulau Curiak dan melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar, Yayasan SBI, Camat Anjir muara hingga guru dan dosen terkait dengan pengintegrasian judul dan hasil penelitian dengan materi pembelajaran IPS sehingga penelitian ini mampu menjadi sumber belajar IPS.

            Simpulan pada penelitian Pemanfaatan hutan mangrove di Pulau Curiak, manfaat yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat dan Ekosistem flora dan fauna yang wilayahnya di Kelola oleh Yayasan SBI, Masyarakat dan Aparat Desa Anjir muara, pemanfaatan hutan mangrove yang di temukan yaitu: 1.)Sebagai habitat bekantan. 2)Meningkat sumber perekonomian. 3.)Penghalang gelombang air sungai. 4.)Sebagai obat tradisional. 5.)mangrove sebagai bahan bangunan. 6.)meningkatkan kualitas udara.   hal ini berkesesuaian dengan Pemanfaatan Hutan Mangrove di Pulau Curiak sebagai sumber belajar IPS yang berkaitan dengan materi pembelajaran IPS kelas 7.

 

Kata Kunci:Mangrove,Ekosistem, Flora dan Fauna, Sungai Barito, Pulau Curiak, Yayasan SBI, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI