DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BIOGRAFI H. HADERAN H.AS 1948-2015
PENGARANG:MUHAMMAD HASAN NUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-26


ABSTRAK

 

Muhammad Hasan Nudin, 2016. Biografi H. Haderan, H.AS (1948 – 2015), 80 hal, Pembimbing 1 Drs. Hairiyadi, M.Hum dan Dosen Pembimbing 2 Drs. Yusliani Noor, M.Pd

 

Skripsi ini merupakan cuplikan atau gambaran dari tokoh pemuka agama di daerah Kelurahan Kuin Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui lebih jauh dari kehidupan seorang tokoh pemuka agama yang sering kali sudah banyak dilupakan masyarakat. Bagaimana kehidupan H. Haderan, H.AS dari sejak kelahirannya sampai akhir hayatnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali dan menghimpun data tentang H. Haderan, H.AS yang merupakan seorang tokoh pemuka agama dan seorang ulama di daerah Kelurahan Kuin Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin.

Metode yang digunakan adalah metode sejarah dengan penulisan deskriptif untuk melukiskan suatu keadaan objek atau peristiwa yang ada dalam masyarakat. Dalam penelitian ini, kegiatan yang dilakukan melalui heuristik yaitu pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung ke lapangan dengan mengutamakan informasi kunci dan menggunakan studi literature dengan cara melakukan kritik data yang hasilnya kemudian dianalisa. Setelah itu melakukan interprestasi yang nantinya diperoleh makna-makna yang saling berhubungan dari fakta-fakta yang diperoleh. Langkah terakhir adalah historiografi yang menulis hasil penelitian secara deskriptif analitis berdasarkan sistematis dan kronologis.

Hasil penelitian H. Haderan, H.AS seorang tokoh pemuka agama yang tegar dan berjiwa pemimpin serta berwibawa, beliau selalu mengutamakan seluruh ajaran-ajaran agama, beliau juga seorang yang sangat disegani. Dalam pergaulan beliau seperti orang-orang biasa yang sangat sopan santun dan tegas dalam jiwa kepemimpinanya, disamping itu juga beliau adalah seorang yang murah senyum kepada orang-orang disekitarnya.

H. Haderan, H.AS adalah seorang ulama dan guru serta pengelola Yayasan Al-Huda, dalam sikap dan kepribadian  didalam lembaga pendidikan di yayasan Al-Huda baik dan santun serta bersahaja, beliau begitu bijaksana dan berkharismatik yang patut dicontoh dan ditauladani oleh para guru dan siswa-siswa di yayasan Al-Huda.

H. Haderan, H.AS adalah pendidik bagi anak-anaknya agar menjadi sukses lebih dari dirinya sendiri.

 

 

 

Kata Kunci : Biografi, H. Haderan, H.AS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI