DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN STABILITAS STATIS KAPAL REMPA (GILL NETTER) DI DESA SUNGAI LEMBU KECAMATAN KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ABDURRAHIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-26


 

Abdurrahim. Program Studi Perikanan Tangkap. Kajian Stabilitas Statis Kapal Rempa (Gill Netter) di Desa Sungai Lembu Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah bimbingan Ir. H. Iriansyah, M.Si selaku ketua pembimbing dan Prof. Ahmadi, S.Pi., M.Sc., Ph.D selaku anggota pembimbing.

 

Desa Sungai Lembu yang terletak di Kecamatan Kusan Hilir memiliki alat tangkap ikan berupa gill net yang disebut rempa. Dalam pengoperasian rempa ini, diperlukan kapal sebagai alat transportasi. Salah satu persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh kapal ikan adalah memiliki stabilitas yang baik. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang dapat memberikan informasi tentang stabilitas kapal rempa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kapal rempa, menganalisis rasio dimensi utama, menganalisis parameter hidrostatis, dan menganalisis kondisi stabilitas kapal rempa di Desa Sungai Lembu Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik sampling yakni purposive sampling dan stratified sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret – Oktober 2023 dan melibatkan 12 sampel kapal rempa yang kemudian dikelompokkan menjadi dua kategori ukuran kapal, yaitu kapal dengan panjang < 9 m dan kapal dengan panjang > 9 m. Selanjutnya, satu kapal dipilih dari setiap kategori yaitu kapal rempa A7 dan B5. Kapal rempa A7 dan B5 dibangun dengan kayu ulin dan meranti di Galangan Desa Muara Tengah. Kapal rempa A7 memiliki gross tonnage (GT) sebesar 1,17 GT dengan dimensi ukuran panjang 8,9 m, lebar 1,14 m, dalam 0,66 m, dan draft 0,23 m dengan mesin Jiangdong 24 HP. Sedangkan kapal rempa B5 memiliki gross tonnage (GT) sebesar 1,34 GT dengan dimensi ukuran panjang 9,3 m, lebar 1,18 m, dalam 0,7 m, dan draft 0,25 m dengan mesin Dong Feng 26 HP. Nilai rasio dimensi utama dari 12 sampel kapal rempa telah memenuhi nilai acuan rasio dimensi utama kapal yang direkomendasikan oleh Iskandar dan Pujiati (1995), dan nilai-nilai parameter hidrostatis kapal rempa juga menunjukkan bahwa kapal rempa ini memiliki stabilitas yang baik. Selain itu, hasil pengujian stabilitas statis pada 7 variasi kondisi muatan juga sesuai dengan kriteria dari IMO (International Maritime Organization).

 

Kata kunci: Kapal Rempa, Stabilitas Statis, Rasio Dimensi Utama, Parameter Hidrostatis

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI