DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MIA2 SMAN 9 Banjarmasin
PENGARANG:MUZDALIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-27


ABSTRAK

 

 

 

Muzdalifah. 2023. Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MIA2 SMAN 9 Banjarmasin.Skripsi.Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dewi Alfianti, M.Pd.; (II) Faradina, M.Pd.

 

 

 

Kata kunci:  kemampuan menulis, pragraf eksposisi

 

 

 

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil keterampilan menulis teks eksposisi siswa X MIA2 SMA Negeri 9 Banjarmasin. Data utama penelitian ini ialah lembar kerja hasil tulisn peserta didik dalam menulis teks eksposisi. Sumber data penelitian ini ialah peserta didik kelas X MIA 2 SMAN 9 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas X MIA 2 SMAN 9 Banjarmasin dari 36 tulisan teks eksposisi sebagai berikut. Sebanyak 22 siswa atau 61% tergolong kategori mampu dalam menulis paragraf eksposisi dengan memperhatikan aspek isi, aspek orientasi, aspek kosakata, dan aspek penggunaan bahasa. Sebanyak 14 siswa atau 39% berkategori tidak mampu dalam menulis paragraf eksposisi dalam menulis paragraf ekposisi dengan memperhatikan aspek isi, aspek orientasi, aspek kosakata, dan aspek penggunaan bahasa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI