DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Parameter Vegetasi Dalam Menentukan Tingkat Keberhasilan Reklamasi
PENGARANG:Rahmat Hapizil Islami
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-30


RINGKASAN

 

Rahmat Hapizil Islami.2023. Penggunaan Parameter Vegetasi dalam Menentukan Tingkat Keberhasilan Reklamasi. Pembimbing : Prof. Dr. Ir. H. Lutfi, MS; Dr. Kissinger, S.Hut, M.Si.; Dr. Badaruddin, S.Hut, MP.

 

Pertambangan merupakan salah satu kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam sebagai upaya pemenuhan kebutuhan manusia dan termasuk ke dalam penyumbang terbesar untuk devisa negara. Kegiatan pertambangan pada kawasan hutan dilakukan melalui pemberian ijin pinjam pakai kawasan hutan dengan mempertimbangkan batasan luas dan jangka waktu tertentu serta kelestarian lingkungan. Permasalahan yang ditimbulkan pasca penambangan antara lain tanah menjadi tidak subur, pH yang masam, dan unsur hara yang sedikit. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan kegiatan reklamasi untuk memperbaiki dan mengembalikan fungsi lahan ke kondisi yang lebih baik dan produktif. Kegiatan reklamasi yang dilakukan meliputi penataan lahan, pengendalian erosi dan sedimentasi, dan revegetasi (Kemenhut, 2009). Lahan yang telah selesaikan direklamasi selanjutnya siap untuk ditanami tumbuhan sebagai upaya dalam mengembalikan fungsi lahan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya dalam mengetahui penggunaan parameter vegetasi dalam menentukan tingkat keberhasilan reklamasi pada lahan pasca tambang yang ada di Kalimantan Selatan

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis penilaian tingkat keberhasilan reklamasi berdasarkan parameter vegetasi sesuai KEPMEN ESDM NO. 1827 K/30/MEM/ 2018 (2) Menganalisis penilaian tingkat keberhasilan reklamasi berdasarkan parameter vegetasi sesuai Peraturan Menteri Kehutanan No. P.60/Menhut-II Tahun 2009.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan waktu pelaksanaan penelitian selama 6 (enam) bulan. Penelitian dilakukan di area reklamasi dan revegetasi lahan pasca tambang batubara yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu  PT. Binuang Mitra Bersama  dan PT. X. Obyek dalam penelitian ini adalah Obyek dalam penelitian ini adalah penilaian reklamasi dan revegetasi pada Tahun tanam 2016 dan 2017 di PT. Binuang Mitra Bersama pada Blok 1 dan PT. X pada Blok 4 berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No. P.60/Menhut-II Tahun 2009 tentang Pedoman Penilaian Keberhasilan Reklamasi Hutan dan Keputusan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Nomor 1827K/30/MEM/2018 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik.

Hasil penilaian tingkat keberhasilan reklamasi berdasarkan parameter revegetasi sesuai KEPMEN ESDM NO. 1827 K/30/MEM/ 2018 untuk PT. BMB mencapai 66,19 % atau kriteria baik, untuk persentase tumbuh tanaman sebesar 85%, termasuk dalam kategori baik dengan 80% penanaman tanaman jenis lokal dan PT.X mencapai 57,62 % atau kriteria kurang baik karena hasil penilaian penanaman tanaman penutup hanya 0,5%, penanaman tanaman cepat tumbuh hanya 2% dan penanaman jenis tanaman lokal hanya 1%. Sedangkan hasil penilaian tingkat keberhasilan reklamasi berdasarkan parameter revegetasi sesuai Peraturan Menteri Kehutanan No. P.60/Menhut-II Tahun 2009 untuk PT. BMB mencapai 75% dengan tingkat keberhasilan baik, untuk indikator penanaman dengan 4 (empat) parameter berbobot nilai 4 (empat) dan 1 (satu) parameter berbobot 1 (satu) karena presentasi hanya 33,86% dikategorikan pelaksanaan reklamasi <60%, ini dikarenakan masih terdapat bangunan tempat tinggal sementara dan tempat untuk standby alat excavator dan PT.X nilai kesehatan tanamannya mencapai 55% tingkat keberhasilan termasuk kategori buruk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI