DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Usaha Atap Daun Rumbia Pada Masyarakat Desa Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:NURHIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-31


Tanaman rumbia merupakan tanaman yang serbaguna, satu diantaranya daun rumbia dapat dijadikan sebagai atap. Sekarang ini atap rumbia sudah jarang digunakan oleh masyarakat, tetapi di desa Anjir Serapat Muara terdapat pengrajin atap memanfaatkan daun rumbia untuk dijadikan atap rumbia. Pada Kegiatan ekonomi usaha atap rumbia terdapat kegiatan ekonomi yang meliputi kegiatan produksi dan distribusi. Demikian pada kegiatan ekonomi usaha atap rumbia dapat memberikan ruang kepada guru untuk mengembangkan materi dengan menambahkan contoh yang ada ada di lingkungan sekitar peserta didik sebagai sumber belajar IPS.

              Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan usaha atap daun rumbia pada masyarakat Desa Anjir Serapat Muara, 2) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi pada usaha atap daun rumbia pada masyarakat Desa Anjir Serapat Muara sebagai Sumber Belajar IPS.

              Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 tahapan yang meliputi; observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.  Uji keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability dan dependability.

              Hasil penelitian ini terdapat 1) Usaha atap daun rumbia di desa Anjir Serapat Muara sudah ada sejak 30 tahun lalu. Proses pembuatan atap rumbia dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pembuatan, tahap penyelesaian. Kegiatan menganyam atap rumbia dikerjakan oleh ibu rumah tangga 2) Kegiatan ekonomi yang terdapat pada usaha atap rumbia di desa Anjir Serapat Muara seperti produksi, distribusi, dan konsumsi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yang kontekstual pada materi kegiatan ekonomi, hal ini bertujuan agar peserta didik lebih mudah memahami materi karena peserta didik dapat melihat secara langsung kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar.

              Simpulan penelitian ini yaitu kegiatan ekonomi usaha atap rumbia di desa Anjir Serapat Muara dapat dijadikan sumber belajar IPS, hal ini karena mendukung kualitas pembelajaran khususnya pada materi kegiatan ekonomi di kelas VII SMP yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kata kunci : Atap Rumbia, Kegiatan Ekonomi, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI