DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Distribusi Hasil Tangkapan Ikan Oleh Nelayan Di Desa Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:MADINATUL MUNAWARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-31


Madinatul Munawarah, 2023. Distribusi Hasil Tangkapan Ikan Oleh Nelayan Di Desa Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi program studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA. M. Pd dan Pembimbing II: Jumriani, M. Pd.

Sumber belajar dari lingkungan sekitar peserta didik diperlukan untuk menunjang pembelajaran di kelas. Memanfaatkan lingkungan sekitar peserta didik bisa menjadi referensi sumber belajar. Satu diantara aspek lingkungan yang dapat dimanfaatkan adalah kegiatan ekonomi masyarakat, diantaranya hal ini dapat ditemui di Desa Anjir Serapat Muara. Satu diantara kegiatan ekonomi yaitu distribusi hasil tangkapan ikan nelayan di Desa Anjir Serapat Muara. Penelitian ini untuk (1) mendeskripsikannelayandi Desa Anjir Serapat Muara, (2) mendeskripsikan distribusi hasil tangkapan ikan nelayan Desa Anjir Serapat Muara, (3) mendeskripsikan distribusi hasil tangkapan ikan oleh nelayan di Desa Anjir Serapat Muarasebagai  sumber belajar IPS. 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi.Peneliti membuat sendiri instrument penelitian yang memuat mengenai pedoman pengamatan, pedoman wawancara serta pedoman observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, member check dan triangulasi.

Hasil penelitian adalah (1) Nelayan di Desa Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kualamerupakan nelayan sungai, yang mendominasi ada di RT. 1. Nelayan di Desa Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala ada 26 orang. Ada kelompok nelayan di Desa Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala yang bernama citra karya lestari. (2) Nelayan di Desa Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kualamendistribusikan ikannya kepada pengepul yang bernama Ibu Salabiah (60) di taman wisata muara kanoko, apabila ikan masih tersisa, maka ikan tersebut dijajakan di wilayah desa dan sekitarnya. (3) Distribusi Hasil tangkapan ikan oleh nelayan di Desa Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kualabisa dikaitkan dengan materi pada kelas VII Bab III tentang aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan materi pembelajarannya adalah kegiatan ekonomi.

Simpulan penelitian desa Anjir Serapat Muara ada Masyarakat yang menjadi nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Nelayan mendistribusikan hasil tangkapan ikannya dengan cara distribusi langsung dan distribusi semi langsung. Distribusi hasil tangkapan ikan oleh nelayan dapat dijadikan sumber belajat pada proses pembelajaran kelas VII Bab III tentang aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan materi kegiatan ekonomi.

 

Kata Kunci: Distribusi Ikan, Nelayan, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI