DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI SOSIAL PADA AKTIVITAS KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) MUARA KONOCO LESTARI DESA ANJIR SERAPAT MUARA 1
PENGARANG:NONA AYURISZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-31


Nona Ayuriszki, 2023. Nilai Sosial Dalam Aktivitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Muara Konoco Lestari Desa Anjir Serapat Muara 1. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Muhammad Ridha Ilhami, M.Pd.

 

            Pokdarwis Muara Konoco Lestari sebagai kelembagaan formal tentu memiliki tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Aktivitas Pokdarwis bukan hanya dari tugas, melainkan juga aktivitas yang mengarah kepada fungsi Pokdarwis itu sendiri, dimana merupakan kelompok sadar wisata terkait sikap dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar objek wisata dengan berwawasan Sapta Pesona dan melalui aktivitas Pokdarwis Muara Konoco Lestari tersebut, lalu muncul nilai-nilai sosial.

Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan Profil Kelompok Sadar Wisata Muara Konoco Lestari. 2) Mendeskripsikan Aktivitas yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata Muara Konoco Lestari. 3) Mendeskripsikan Nilai-Nilai Sosial yang ada dalam Aktivitas Kelompok Sadar Wisata Muara Konoco Lestari.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis teks narasi deskriptif. Mendeskripsikan hasil dari penelitian yang menggambarkan aktivitas kelompok sadar wisata. Teknik pengumpulan data dari mengamati aktivitas Pokdarwis, wawancara informan, dokumentasi berupa rekaman, gambar dan catatan. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data yang dilengkapi tabel dan gambar, dan verifikasi data dengan menyimpulkan. Uji Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan. dan triangulasi.

            Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Profil Pokdarwis Muara Konoco Lestari didirikan pada 4 Januari 2021 berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala No. 556/92/Disporbudpar yaitu kelompok masyarakat dan merupakan kelembagaan formal penggerak pariwisata yang dibina oleh Sahabat Bekantan Indonesia, Kepala Desa, dan BPD. Proses pembentukan Pokdarwis Muara Konoco Lestari dibentuk atas inisiatif desa untuk mengembangkan dan mengelola objek wisata setempat. 2) Pokdarwis ini melakukan berbagai macam aktivitas meliputi, mengikuti pelatihan, membangun fasilitas untuk destinasi wisata, aktivitas pemeliharaan dan pengelolaan seperti bersih-bersih.  3) Nilai sosial dari aktivitas Pokdarwis Muara Konoco Lestari pada objek wisata yang ada di Desa Anjir Serapat Muara 1 seperti Nilai kasih sayang, tanggung jawab, dan keserasian hidup.  

Simpulan dari aktivitas yang dilakukan oleh Pokdarwis Muara Konoco di Desa Anjir Serapat Muara 1 adalah mengikuti pelatihan, membersihkan Desa Wisata Muara Kanoco, dan membangun dan memelihara fasilitas dan sarana-prasarana di Desa Wisata Muara Kanoco. Melalui aktivitas tersebut dapat memunculkan nilai-nilai sosial seperti kasih sayang, pengabdian, saling menolong, kesetiaan, kepedulian, tanggung jawab, nilai rasa, disiplin, keserasian hidup, dan kerja sama.

Kata Kunci: Profil Pokdarwis, Aktivitas Pokdarwis, Nilai Sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI