DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN EKONOMI TRANSMIGRAN JAWA DI KELURAHAN LANDASAN ULIN UTARA KECAMATAN LIANG ANGGANG KOTA BANJARBARU TAHUN 1993-2015
PENGARANG:JAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-31


Latar belakang penelitian ini berdasarkan kehidupan perekonomian transmigran di Landasan Ulin Utara yang sebagian besar adalah petani. Mereka datang untuk merubah perekonomiannya lewat program transmigrasi yang dilakukan oleh pemerintah. Mereka mengelola tanah kosong dan dijadikan sebuah usaha lahan pertanian dengan modal seadanya.

Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui latar belakang trasnmigrasi di Landasan Ulin Utara dan proses adaptasinya, dan yang kedua untuk  mengetahui perkembangan ekonomi transmigran di Kelurahan Landasan Ulin Utara Sejak tahun 1993 sampai 2015.

Metode yang digunakan adalah metode sejarah yang berusaha menggambarkan perkembangan ekonomi transmigran Jawa di Landasan Ulin Utara. Metode sejarah yang dilakukan terdiri dari tahap heuristik untuk menghimpun data berdasarkan jenis data dan sumber data, serta teknik pengumpulan data, tahap kritik yaitu kritik eksternal dan kritik internal. Untuk menyempurnakan hasil penelitian kemudian dilakukan tahap interpretasi dan tahap historiografi untuk kemudian disusun dalam bentuk tulisan.

Hasil penelitian transmigran di Landasan Ulin Utara pemerintah telah berhasil melakukan program transmigrasi kepada para transmigran Jawa yang datang ke Landasan Ulin Utara untuk merubah perekonomiannya. Mereka melakukan adaptasi bahasa, budaya dan lingkungan. Perkembangan ekonomi transmigran dari tahun 1993-2000 membuka lahan dan mengelola sendiri. Tahun 2000-2015 usaha mereka berkembang di bidang pertanian dan perdagangan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah transmigran berhasil mengembangkan usaha pertanian dan bisa menjual hasilnya ke berbagai daerah.

Kata Kunci: Perkembangan Ekonomi, Transmigrasi, Landasan Ulin Utara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI