DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) TERHADAP PENDAPATAN EKONOMI WARUNG BATANG BANYU KELURAHAN BANUA ANYAR
PENGARANG:AGUS SEPTIADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


Septiadi A. 2023. Dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Terhadap Pendapatan Ekonomi Warung Batang Banyu Kelurahan Banua Anyar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd

Penelitian ini dilatar belakangi adanya dampak dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus covid-19, akan tetapi memberikan dampak yang luar biasa terhadap kehidupan masyarakat itu sendiri. Dengan adanya dampak pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarkat ini maka bertujuan dengan permasalahan yang sedang saya teliti, tujuan penelitian ini : 1) Bagaimana dampak yang disebabkan akibat adanya pemberlakukannya PPKM terhadap rumah makan Batang Banyu. 2) Bagaimana pendapatan selama berlakunya PPKM di rumah makan Batang Banyu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskrispsikan bagaimana dampak yang dirasakan oleh pihak rumah makan Batang Banyu yang disebabkan oleh kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu pemilik rumah makan dan karyawan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi ke rumah makan Batang Banyu, wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisi data yang digunakan, yaitu reduksi data berdasarkan maksud tujuan penelitian, penyajian data berdasarkan uraian dilengkapi dengan table, gambar dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, member check dan triangulasi.

Hasil penelitian 1) Dampak yang dirasakan oleh pihak rumah makan Batang Banyu pada saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yaitu, sepinya pengunjung, jam kerja yang berkurang dari sebelumnya, serta rumah makan ini juga sempat mengalami tutupnya rumah makan tersebut. 2) Pendapatan yang dihasilkan pada saat masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ini sudah terlihati jelas dari dampak yang dirasakan oleh pihak rumah makan yang mana pendapatan tersebut mengalami penurun yang cukup derastis. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dampak dari adanya kebijakan ini memberikan dampak yang cukup besar terhadap pendapatanya pada rumah makan Batang banyu ini.

 

Kata Kunci : Dampak Covid-19, PPKM, Pendapatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI