DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEHIDUPAN SOSIAL PENGUSAHA KERAMBA JARING APUNG DI KELURAHAN BANUA ANYAR
PENGARANG:MUHAMMAD HAFIZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


ABSTRAK

 

Muhammad Hafiz, 2023. Kehidupan Sosial Pengusaha Keramba Jaring Apung di Kelurahan Benua Anyar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I:Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Rusmania, M.Pd.

Setiap masyarakat pasti memiliki kebudayaan atau tradisi yang berbeda dari masyarakat lainnya. khususnya Kota Banjarmasin adalah Keramba Jaring Apung . Keramba jaring apung merupakan Budidaya ikan di Kawasan Banua Anyar. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui Gambaran umum Keramba Jaring Apung di Banua Anyar. 2) Mengetahui Kehidupan sosial pengusaha di Banua Anyar ditetapkan sebagai Budaya Ikan keramba Jaring Apung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi (sumber, teknik dan waktu).

Hasil penelitian: 1) Salah satu Gambarran umum Kelurahan Banua Anyar ini berdampingan langsung dengan Sungai Martapura yang memiliki peran penting sebagai penunjang aktivitas masyarakat Banua Anyar yang tinggal di bantaran sungai. Hingga saat ini keramba yang ada di Banua Anyar mengalami perkembangan dengan banyaknya Keramba Jaring Apung di Kelurahan Banua Anyar yang dibangun. Hal tersebut membuat Banua Anyar terkenal dengan wisata Budidaya ikan. Keramba yang pertama kali yaitu dari tahun 1994 sampai sekarang modal yang digunakan ada yang dari modal sendiri dan juga ada modal dari dinas perikanan. 2) Alasan Keramba Jaring Apung di tetapkan menjadi Budidaya Ikan yaitu ; Pertama, keramba jaring apung merupakan Budaya ikan khas Kalimantan Selatan yang menyandang Kualitas dan nama daerah. Kedua, kehidupan sosial keramba jaring apung , dapat dilihat darihubungan sosial individu-individu individu dan kelompok antar kelompok. masyarakat pengusaha keramba jaring apung di bantaran sungai masih memanfaatkan sungai sebagai budidaya ikan. Ketiga modal awal pengusaha keramba jaring apung ada yang langsung di modali oleh prikanan dan ada juga dengan bermodal sendiri membangun budidaya ikan dalam kehidupan pengusaha keramba jaring apung tidak lepas dari permasalahan yang di hadapi seperti dikarenakan air yang berubah dan permasalahan persaingan budidaya ikan seperti ada sisapakan ikan sehingga ikan pada mati. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pencemaran akibat budidaya ikan sistem Keramba Jaring Apung (KJA).Menggunakan dosis yang tepat dalam pemberian pakan, Menggunakan bahan pakan dengan tingkat pencemaran  yang tinggi.

Kata kunci: Gambar umum, Kehidupan Sosial Pengusaha Keramba Jaring Apung di Kelurahan Banua Anyar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI