DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA FAKTOR-FAKTOR TUMBUHNYA PERMUKIMAN KUMUH DENGAN KUALITAS LINGKUNGAN PERMUKIMAN DI KELURAHAN SUNGAI JINGAH KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:DINA ANDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-01


ABSTRAK

Dina Andriani, 1910416320052, 2023Hubungan antara Faktor-Faktor Tumbuhnya Permukiman Kumuhdengan Kualitas Lingkungan Permukiman di Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin UtaraDibimbing oleh Dr. Arif Rahman Nugroho, M.Sc

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor tumbuhnya permukiman kumuh, dan bagaimana kondisi kualitas lingkungan permukimannya, serta hubungan antara faktor-faktor tumbuhnya permukiman kumuh dengan kualitas lingkungan permukiman.

Metode penelitian ini menggunakan Mixed Method, yang memadukan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif dan uji product moment pearson.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor tumbuhnya permukiman kumuh terdiri dari faktor ekonomi, budaya, sosial, dan urbanisasi. (1) Indikator paling dominan di faktor ekonomi adalah jenis pekerjaan, budaya indikator kebiasaan, sosial yaitu pendidikan, dan urbanisasi yaitu lama tinggal penduduk. (2) Kualitas lingkungan permukiman untuk indikator bangunan, air limbah, pengelolaan persampahan, dan system proeksi kebakaran termasuk dalam kriteria kawasan kumuh, sedangkan jalan lingkungan, drainase lingkungan, dan air minum tidak termasuk kedalam kriteria kawasan kumuh. (3) Hubungan faktor sosial memiliki hubungan yang positif dengan kualitas lingkungan dan tingkat hubungan sedang, kemudian faktor ekonomi memiliki hubungan yang positif dengan kualitas lingkungan dan tingkat hubungan sedang, faktor budaya memiliki hubungan yang positif dengan kualitas lingkungan dan tingkat hubungan yang sedang, sedangkan faktor urbanisasi tidak memiliki hubungan dengan kualitas lingkungan permukiman dan tingkat hubungannya masuk dalam kategori tidak berarti.

 

Kata Kunci: Kondisi Kawasan Kumuh, Kualitas Lingkungan Permukiman,                       Hubungan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI