DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN PENYUSUNSAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA (RPJM Desa) DI DESA PAKU KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:TRI UTOMO PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-02


TriUtomoPutra1810413610002PelaksanaanPenyusunanRencanaPembangunanJangkaMenengahDesa(RPJMDesa)DiDesaPakuKecamatanSimpangEmpat KabupatenBanjardi BimbingOleh Budi Suryadi.

PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaprosespenyusunanRencana pembangunan jangka menengah desa di Desa Paku Kecamatan Simpangempat kabupaten banjar, serta bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sertamasyarakat dalam proses penyusunan RPJMDes tersebut. Tipe penelitian yangdigunakanadalahkualitatifdeskriptifmelaluiobservasi,wawancaradandokumentasiuntuk mengumpulkan data penelitian.

TeoriyangdigunakandalampenelitianmenggunakanteoriperencanaanPembangunandariWidjojo.TeoritersebutmenerangkanbahwadalammelaksanakanperencanaanPembangunanharusmemperhatikanduahalyaitu,pertamapenentuanpilihansecarasadarmengenaitujuan-tujuankonkrityanghendakdicapai dalam jangka waktu tertentu atas dasar nilai-nilai yang dimiliki masyarakatyang bersangkutan. Kedua pilihan diantara pilihan alternatif yang efisien secararasional guna mencapai tujuan tujuan tersebut, baik untuk penentuan tujuan yangmeliputi jangka waktu tertentu maupun bagi pemilihan tersebut diperlukan ukuran-ukuranatau kriteriayanglebih dahulu harusdipilih pula.

Hasil penelitian menunjukan Penentuan pilihan dalam penyusunan RPJMDesDesa Paku dilakukan sesuai dengan pedoman dari Permendagri Nomor 114 tahun2014.Dalampenetuanpilihanyangdilakukandenganmelakukanpengkajiankeadaan desa, penyelarasan kebijakan kabupaten/kota, dan penggalian gagasan darimasyarakatdesa.Untukpenentuanpilihanalternatifdilakukanpadasaatmusyarawarah perencanaan pembangunan desa dengan memperhatikan dokumendatahasilpengkajiandesayangdipaparkanolehtimpenyusunRPJMDes.Penyusunan RPJMDes Desa Paku melibatkan berbagai elemen masyarakat mulaidari tim penyusun RPJMDes semuanya melibatkan unsur-unsur masyarakat yangada di desa Paku. Kemudian dalam musrembangdes usulan dari masyarakat selalumenjadidasardalammengambilkeputusan.Sehinggasemuamasyarakatdesaberperanbesar dalam penyusunan RPJMDes di desaPaku.

Katakunci:Desa,RencanaPembangunan JangkaMenegah Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI