DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Marabahan
PENGARANG:SAIFULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-03


Saifullah, 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Seajarah Di SMA Negeri 1 Marabahan. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing I : Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Dosen Pembimbing II : Heri Susanto, M.Pd

 

Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Sejarah

 

Kurikulum 2013 menekankan kepada guru untuk menerapkan pendekatan saintifik.  Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran berdasarkan metode ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Rumusan  masalah dalam penelitian ini  adalah bagaimana strategi, kendala serta upaya guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran sejarah.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SMA Negeri 1 Marabahan. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah serta beberapa peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara teknik triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMA Negeri 1 Marabahan telah menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah. Namun dalam proses pelaksanaan tersebut masih belum maksimal dikarenakan terdapat kendala seperti ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah masih belum memadai untuk menunjang kinerja guru dalam mengajar, anggaran alokasi waktu yang dinilai masih belum cukup sehingga berpengaruh dalam menyampaikan topik materi dan pelaksanaan kegiatan belajar. Kurangnya antusiasme dan semangat siswa dalam belajar juga menjadi kendala yang dialami oleh guru. Untuk mengatasi kendala tersebut maka guru menjalin komunikasi dengan guru lain untuk saling bertukar informasi.

Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulan dari penelitian ini adalah  proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri  1 Marabahan telah sepenuhnya menerapkan pendekatan saintifik, namun dalam pelaksanaannya masih banyak kendala sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Untuk mengatasi kendala tersebut guru telah berinisiatif untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang dialami

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI