DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BIOGRAFI K.H. ABDURRAHMAN ULAMA DI DESA SIMPANG BUNGA TANJUNG KECAMATAN KAPUAS KUALA KABUPATEN KAPUAS TAHUN 1964-2020
PENGARANG:AHMAD REFKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-03


 

Gambar K._ _ H. Abdurrahman adalah seorang ulama di Desa Simpang Bunga Tanjung, Kecamatan Kapuas Kuala , Kabupaten Kapuas , Kalimantan Tengah pada tahun 1964-2020. Disebut Tuan Guru karena pengetahuannya yang mendalam tentang agama Islam dan aktif berdakwah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan biografi KH Abdurrahman dan aktivitasnya dalam dakwah Islam di desa Simpang Bunga Tanjung. Penelitian menggunakan metode sejarah dengan empat tingkatan yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi.

Hasil penelitian menunjukkan Abdurrahman bin Yahya lahir di Sei Pudak, 13 Maret 1964. Beliau merupakan lulusan MI Miftahudarussalam Sei Pudak Papuyu pada tahun 1976-1977. Belajar belajar duduk di rumah gurunya mempelajari Kitab Nahwu, Syaraf, Jurmiyah, hingga Kitab Qatar. Dilanjutkan ke Tsanawiyah dan Aliyah Darrussalam Martapura, berakhir pada tahun 1985. Kembali ke Sei Pudak untuk mengajar di MI Miftahudarussalam selama kurang lebih 5 tahun. Pada tahun 1991 beliau pindah domisili ke Bahaur untuk berdagang hingga pada tahun 1994 beliau diminta oleh masyarakat Desa Simpang Bunga Tanjung untuk mengajarkan ilmu agama. Meninggal pada tanggal 31 Oktober 2020.

KH Abdurrahman berperan penting dalam dakwah Islam di Desa Simpang Bunga Tanjung. Diantaranya adalah pengajaran baca tulis Al Quran dan   kajian Islam. Mendirikan tiga sekolah yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) Saifurrahman, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pusaka Ibnu Said dan Madrasah Aliyah (MA). Kesimpulan Penelitian, K .H. Abdurrahman berperan besar sebagai ulama dakwah Islam di Desa Simpang Bunga Tanjung Kabupaten Kapuas pada tahun 1994-2015 .

Kata Kunci: Dakwah, Pendidikan, KH Abdurrahman, Simpang Bunga Tanjung.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI