DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Sekolah Dasar Alam Inklusi di Banjarbaru
PENGARANG:TUHFATUL DARAJAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-03


SEKOLAH DASAR ALAM DI BANJARBARU

Tuhfatul Darajat

S1 Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik

Universitas Lambung Mangkurat 

1910812320014@mhs.ulm.ac.id 

ABSTRAK

Sekolah alam merupakan salah satu pendidikan alternatif berbasis lingkungan yang sedang berkembang di Indonesia. Sekolah alam adalah sekolah yang menggunakan lingkungan alam sekolah sebagai arena belajar dan berinteraksi dengan masyarakat. Hal ini membantu siswa berkembang menjadi manusia yang berkarakter. Manusia yang tidak saja mampu memanfaatkan alam, namun juga dapat mencintai dan memelihara alam. Sekolah alam memiliki visi misi besar dalam menunjang penyetaraan pendidikan. Adanya pendidikan inklusi merupakan salah satu upaya yang mampu memberikan hak kepada anak yang cenderung kurang mampu dari segi banyak hal seperti ekonomi ataupun keterbatasan fisik.

 

Inklusi adalah sebuah program pemerintah yang memiliki tujuan besar dalam penyetaraan pendidikan untuk semua kalangan, inklusi adalah program yang menyatukan semua anak termasuk anak penyandang disabilitas di satu sekolah. Sekolah alam dinilai lebih efektivitas sebagai landasan dari program inklusi karena prinsip sekolah alam yang membebaskan segala keingintahuan dan minat belajar. Sekolah alam menggunakan alam sebagai media utama pembelajaran yang nyata dan langsung, hal ini juga yang diharapkan dapat memicu rasa kemandirian pada anak penyandang disabilitas karena hakikat dalam tidak memberikan kemudahan begitu saja dan juga memberikan efek ketenangan pada anak dan memberikan suasana menyenangkan ketika belajar dan bermain di waktu bersamaan.

 

Penyandang disabilitas adalah tujuan utama program inklusi dibuat, tingginya angka putus sekolah membuat pemerintah membuat kebijakan baru terkait pendidikan. Rasa cenderung tidak percaya diri adalah penyebab terbesar anak penyandang disabilitas lebih memilih putus sekolah, permasalahan ini masih terus berlanjut hingga sekarang sehingga sarana pendidikan yang nyaman bagi mereka harus segera diusungkan demi penyetaraan pendidikan dan kecerdasan bangsa yang lebih baik.

 



Kata kunci : Sekolah Alam, Inklusi, Penyandang Disabilitas




ABSTRACT

 

Nature school is an alternative environment-based education that is currently developing in Indonesia. Natural schools are schools that use the school's natural environment as an arena for learning and interacting with the community. This helps students develop into human beings with character. Humans who are not only able to take advantage of nature, but also able to love and care for nature. Natural schools have a big vision and mission in supporting educational equity. The existence of inclusive education is one effort that is able to provide rights to children who tend to be less able in terms of many things such as economic or physical limitations.

 

Inclusion is a government program that has a big goal of equalizing education for all people, inclusion is a program that unites all children, including children with disabilities, in one school. Natural schools are considered to be more effective as a basis for inclusive programs because of the principles of natural schools that liberate all curiosity and interest in learning. Natural schools use nature as the main medium for real and direct learning, this is also what is expected to trigger a sense of independence in children with disabilities because the nature does not provide convenience just like that and also provides a calming effect on children and provides a pleasant atmosphere when learning and playing in same time.

 

Persons with disabilities are the main goal of the inclusion program, the high dropout rate has forced the government to make new policies related to education. Feelings of insecurity are the biggest cause for children with disabilities preferring to drop out of school. This problem continues to this day, so educational facilities that are comfortable for them must be put forward immediately for the sake of better equality of national education and intelligence.



Keywords: Natural School, Inclusion, Disabilities

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI