DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UJI EFEKTIVITAS BIOFILTER DARI ARANG AKTIF ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) TERHADAP KUALITAS BEBERAPA JENIS AIR LIMBAH
PENGARANG:AINUR ROFIQ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-07


RINGKASAN

AINUR ROFIQ. Uji Efektivitas Biofilter Dari Arang Aktif Eceng Gondok (Eichornia crassipes) Terhadap Kualitas Beberapa Jenis Air Limbah di bawah bimbingan Dr. Ir. H. Hairu Suparto, M.Si. dan Ir. Jumar, M.P..

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan biofilter dari arang aktif eceng gondok (Eichornia crassipes)efektif terhadap peningkatan kualitas beberapa jenis air limbah dengan membandingkan limbah sebelum dilakukan filtrasi dan setelah dilakukan filtrasiserta untuk mengetahui apakah limbah yang dihasilkan dari biofilter arang aktif teratai sesuai dengan Permenkes RI Nomor 32 Tahun 2017 tentang standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan air untuk keperluan air bersih dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 82 Tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan April 2023Mei 2023 meliputi kegiatan lapangan dan laboratorium.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif satu faktor yaitu perlakuan terhadap jenis air limbahyaitu air limbah laundry, air limbah pabrik tahu, dan air asam tambang. Air akan digolongkan menjadi 2 bagian yaitusebelum diaplikasikan arang aktif dansesudah diaplikasikan arang aktif. Pengamatan yang dilakukan berupa uji kualitas fisik (warna, kekeruhan, suhu, TDS, rasa dan bau), kimia (pH, timbal, BOD dan COD) dan biologi (bakteri Escherichia coli)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan arang aktif eceng gondok efektif dapat dimanfaatkan sebagai biofilter terhadap kualitas air limbah laundry,air limbah pabrik tahu dan air asam tambang dengan membandingkan perubahan air sebelum dan setelah filtrasi.  Hasil pengamatan uji fisika, kimia dan biologi pada perlakuan air limbah laundry, air limbah pabrik tahu dan air asam tambang belum sesuai dengan Permenkes RI Nomor 32 Tahun 2017 tentang standar baku mutu kesehatan lingkungan untuk keperluan air dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 82 Tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI