DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS PETANI KEBUN JERUK SIAM BANJAR DI DESA KARANG INDAH KECAMATAN MANDASTANA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MUHAMMAD RISWAN AZHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-10


ABSTRAK

 

Muhammad Riswan Azhari. 2023. Aktivitas Petani Kebun Jeruk Siam Banjar di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd. Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.

 

Aktivitas petani merupakan satu kegiatan ekonomi yang tidak luput dengan kegiatan bercocok tanam. Desa Karang Indah adalah Desa yang di dalamnya terdapat aktivitas petani satu diantaranya petani Jeruk Siam Banjar. Adapun masalah yang terjadi disana yakni pada buah jeruk siam banjar masih jarang di kembangkan secara sistematis dan pemakaian lahan kebun yang belum terstruktur dengan benar. Aktivitas petani Jeruk Siam Banjar termasuk dalam kegiatan ekonomi. Berdasarkan pernyataan tersebut aktivitas petani Jeruk Siam Banjar dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Materi dalam pembelajaran IPS yang baik diharapkan memberikan makna serta diharapkan memuat materi lokal sebagai sumber belajar. 

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas para petani kebun Jeruk Siam Banjar di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. 2) Untuk mendeskripsikan keterkaitan aktivitas petani kebun Jeruk Siam Banjar di Desa Karang Indah dengan sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah para petani di Desa Karang Indah. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan produksi petani kebun Jeruk Siam Banjar meliputi pengelolaan lahan jeruk Siam Banjar, pemeliharaan tanaman, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT), serta panen dan pasca panen. 2) Penelitian ini dapat dikaitkan dengan materi IPS tentang aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan pada sub materi kegiatan ekonomi produksi serta materi interaksi sosial sehingga hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS. 

Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas petani kebun jeruk Siam Banjar di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana terdapat kegiatan produksi yang mana termasuk dari satu kegiatan ekonomi serta dalam dunia pendidikan dan pembelajaran dapat dimuat atau dimasukan kedalam materi IPS sebagai sumber belajar lokal. 

 

Kata kunci: Aktivitas Petani, Jeruk Siam Banjar, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI