DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kerja Sama Bidan dan Dukun Beranak di Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya
PENGARANG:KARTIKA RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-13


Kartika Rahayu, 2023. Kerja Sama Bidan Dan Dukun Beranak Di Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yuli Apriati (II) Cucu Widaty.

Kata kunci: Kerja sama, Bidan, Dukun Beranak.

Kerja sama antara bidan dan dukun beranak menempatkan bidan sebagai penolong persalinan dan mengalihfungsikan peran dukun beranak dari penolong persalinan menjadi mitra bidan dalam perawatan ibu dan bayi pada aspek non medisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran kerja sama yang di lakukan bidan dan dukun beranak di Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (2) Perbedaan peran bidan dan dukun beranak di Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang informan. Dengan kriteria informan yang ditentukan yaitu seseorang yang berprofesi sebagai bidan dan dukun beranak yang melakukan kerja sama dan juga pasien. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengajian keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran kerja sama yang di lakukan bidan dan dukun beranak di Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya yaitu : a) kerja sama dalam sosialisasi persiapan persalinan, b) kerja sama dalam proses persalinan, c) kerja sama dalam memonitoring. (2) Perbedaan peran bidan dan dukun beranak di Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya yaitu : (a) peran pada periode kehamilan. (b) peran pada periode persalinan. (c) peran pasca persalinan.

Berdasarkan dari hasil penelitian, disarankan kepada bidan dan dukun beranak agar dapat meningkatkan tingkat pengetahuan serta memperkuat kerja sama yang terjalin agar bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat. Kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadarannya tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan khususnya yang menyangkut dengan kehamilan dan persalinan ibu hamil. Dan kepada pemerintah untuk dapat terus mensosialisasikan tentang pentingnya kerja sama yang terjalin antara bidan dengan dukun beranak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI