DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peranan Pemerintah Desa Karang Sari Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu Terhadap Pembangunan Infrastruktur Jalan
PENGARANG:YUSI AMILA DIMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-11-14


ABSTRAK

 

Yusi Amila Dimayanti, 1710413320047, 2023Peranan Pemerintah Desa Karang Sari Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu Terhadap Pembangunan Infrastruktur Jalan DesaPembimbing Husein Abdurahman.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pemerintah Desa Karang Sari Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu terhadap pembangunan infrastruktur jalan desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan pemerintah Desa Karang Sari  Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu terhadap pembangunan infrastruktur jalan desa belum optimal, dilihat dari indikator yaitu,menurut Rauf             dan Sri Maulidiah (2016:227) (1). Perencanaan pembangunan infrastruktur desa, kepala desa belum menunjukkan peran yang sesungguhnya hal ini dinilai dari masih banyaknya perencanaan program pembangunan infrastruktur yang belum terealisasi. (2). Pelaksanaan belum melakukan koordinasi dengan BPD Desa, hambatan seperti kurangnya sosialisasi program ataupun sebaliknya masyarakat desa kurang merespon atau ikut berpartisipasi dalam program yang digalakkan oleh pemerintah.(3) Pelaksanaan untuk pengawasan tidak langsung dilakukan Kepala Desa hal ini dilihat dari belum adanya laporan secara tertulis yang diterima atas pembangunan infrastruktur yang dilakukan.

            Kepada pihak Desa Karang Sari Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu perlu adanya meningkatkan strategi untuk mendorong serta melibatkan masyarakat dalam pembangunan desa. Perlu adanya meningkatkan penyelesaian pembangunan tepat waktu dan dalam komunikasi diharapkan masyarakat ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan desa yang ada di Desa Karang Sari.

Kata kunci : Pemerintah Desa, Pembangunan, Infrastruktur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI